K.H. Dr. Tulus Musthofa, Lc, MA Terpilih Menjadi Ketua Dewan Syuro IKADI Menggantikan Almarhum K.H. Dr. Ahzami Samiun Jazuli, MA

Dibuat Tanggal 24-03-2021

Dalam suasana syahdu dan penuh persaudaraan, Sidang Majelis Syuro Ikatan Dai Indonesia, memilih dan menetapkan K.H. Dr. Tulus Musthofa, Lc, MA sebagai Ketua Dewan Syuro melanjutkan kepemimpinan almarhum K.H. Dr. Ahzami Samiun Jazuli, MA rahimahullah yang wafat pada tanggal 5 April 2020.

Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini terpilih menyisihkan beberapa nama calon lain dari anggota Dewan Syuro IKADI, dan bertugas melanjutkan estafeta kepemimpinan dan menindaklanjuti agenda-agenda penting Dewan Syuro hingga diangkatnya anggota Dewan Syuro yang baru.

Pemilihan Ketua Dewan Syuro IKADI adalah salah satu agenda penting dalam acara Silaturahim dan Rapat Dewan Syuro IKADI yang dilaksanakan secara virtual pada hari Selasa, tanggal 9 Sya'ban 1422 H yang bertepatan dengan tanggal 23 Maret 2021 M. Bertindak sebagai pembawa acara, Sekretaris Jenderal IKADI, Dr. Ahmad Kusyairi Suhail, MA, mengawali dengan membaca surat Al-Fatihah dan mengirim do'a buat dua orang anggota Dewan Syuro yang telah menghadap Allah Ta'ala, ustadz K.H. Dr  Ahzami Samiun Jazuli, MA dan ustadz Abdurrahman Suryana Padma rahimahumallah. Dilanjutkan dengan Tilawatil Qur'an oleh ustadz H.M. Aniq Sahuri, Lc. Selanjutnya Ketua Umum IKADI, Prof. Dr. Ahmad Satori Ismail, menyampaikan Laporan Singkat tentang perkembangan Ikatan Dai Indonesia dan capaian-capaian ormas yang lahir tahun 2002 dan dideklarasikan tahun 2003 dengan mengusung tagline Menebar Islam Rahmatan Lil 'Alamin . Kini IKADI, lanjut ustadz Satori, telah memiliki Pengurus Wilayah (PW) di seluruh provinsi di Tanah Air. Alhamdulillah dalam usia 19 tahun ini, IKADI berhasil menempatkan diri sebagai ormas Islam yang ikut andil dan berkontribusi bersama ormas dan elemen bangsa yang lain, dalam memajukan Indonesia melalui berbagai macam kegiatan dan program-program dakwah, sosial, pendidikan dan lain-lain. Kehadiran Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin (yang kini Wakil Presiden RI), Jenderal Gatot Nurmantyo saat menjabat Panglima TNI, para menteri, gubernur, walikota, bupati, pejabat-pejabat dan tokoh-tokoh bangsa lain di acara-acara besar IKADI menunjukkan atensi dan pengakuan terhadap kiprah partisapasi aktif IKADI dalam membangun bangsa dan menjaga keutuhan NKRI. Prof. Satori kemudian melanjutkan sebagai pengantar pemilihan Ketua Sidang Pemilihan Ketua Dewan Syuro yang baru. Terpilih menjadi Ketua Sidang Pemilihan Ketua Dewan Syuro ustadz Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, MA. Sebelum dilakukan pemilihan Ketua Dewan Syuro yang baru, Ketua Sidang terpilih meminta kepada Sekjen IKADI, Dr. Ahmad Kusyairi Suhail, MA, untuk membacakan regulasi dan peraturan organisasi; Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) IKADI. Berpijak pada AD Bab X pasal 12 dan ART Bab V pasal 10 dan peraturan internal organisasi, apabila Ketua Dewan Syuro berhalangan tetap, maka pemilihan Ketua Dewan Syuro yang baru dipimpin oleh salah seorang anggota Dewan Syuro yang ditunjuk/disepakati. 

Setelah diseleksi nama-nama calon Ketua Dewan Syuro yang sesuai dengan regulasi, akhirnya Sidang Dewan Syuro memilih dan menetapkan K.H. Dr. Tulus Musthofa, MA, menjadi Ketua Dewan Syuro yang baru.

Dalam sambutannya sebagai Ketua Dewan Syuro yang baru, K.H. Dr. Tulus Musthofa, Lc, MA, yang saat ini juga diamanahi menjadi Ketua IMLA (Persatuan Guru Bahasa Arab) Indonesia, mengingatkan posisi penting dan strategis Dewan Syuro dalam ormas IKADI. Untuk itu, beliau mengajak semua anggota Dewan Syuro untuk bekerja keras di sisa masa bakti ini untuk menyelesaikan berbagai PR (Pekerjaan Rumah), terutama amandemen AD dan ART IKADI untuk beradaptasi dengan hal-hal kekinian dan kedisinian dan pemilihan anggota Dewan Syuro yang baru, kepengurusan Pengurus Pusat yang baru dan lain-lain. 

Setelah mendengarkan masukan dan saran-saran anggota Dewan Syuro serta penentuan waktu rapat selanjutnya, acara Silaturahim dan Rapat Dewan Syuro ditutup dengan do'a oleh Ketua Dewan Pakar IKADI, K.H. Dr. Taufiqul Azhar Hulaimi, MA.

 

Untuk diketahui Dewan Syuro dalam ormas IKADI adalah lembaga tertinggi organisasi yang berfungsi sebagai Lembaga Ahlul Halli wal-Aqdi IKADI. Dewan Syuro bertugas menetapkan Visi dan Misi Organisasi, rekomendasi Musyawarah Nasional, Memilih dan Menetapkan Ketua Umum Organisasi, para Ketua, Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum serta beberapa departemen. Anggotanya terdiri dari para ulama, kiyai, dai, para pakar dan tokoh masyarakat yang mewakili wilayay dakwah di Indonesia, selain para pejabat BPH dan para Ketua Lembaga IKADI. Untuk periode Tahun 2016 - 2021 terpilih 17 (tuju belas) orang anggota Dewan Syuro IKADI. Mereka adalah K.H. Dr. Ahzami Samiun Jazuli, MA (Ketua Dewan Syuro), Drs. Ahmad Yani (Sekretaris Dewan Syuro), Dr. H.M. Hidayat Nur Wahid, MA (Ketua Dewan Penasehat), K.H. Dr. Taufiqul Azhar Hulaimi, MA (Ketua Dewan Pakar), Prof. Dr. K.H. Ahmad Satori Ismail, K H. Dr. Ahmad Kusyairi Suhail, MA, H.M. Aniq Syahuri, Lc, Dr. Abdul Jabar Majid, MA, K.H. KH. Samson Rahman, MA, H. Abdurrahman Suryana Padma, Dr. M. Idris Abdus Shomad, MA (mewakili wilayah Banjabar), K.H.Dr. Tulus Musthofa, Lc, MA (mewakili wilayah DIY dan Jateng), K.H. Dr. Attabik Luthfi, MA (mewakili wilayah DKI Jakarta), K.H. M. Soleh  Drehem (mewakili wilayah Jatim, Bali, NTB dan NTT), K.H. Erizal Ilyas, MA (mewakili wilayah Pulau Sumatera), K.H. Maddu Mallu (mewakili wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua) dan K.H. Dr. Harjani Hefni, MA (mewakili wilayah Pulau Kalimantan).

 

 

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Pembukaan Pendidikan Muballigh Ikadi (PMI) Angkatan ke 6
15-02-2021 Liputan

Sabtu (13/2) Alhamdulillah acara pembukaan Pendidikan Muballigh Ikadi (PMI) Angkatan ...

Baca Selengkapnya

Lembaga Wakaf Ikadi (LWI) Gelar Rakornas
17-01-2021 Liputan

   Sabtu (16/1) Lembaga Wakaf Ikadi (LWI) Gelar Rapat Koordinasi Nasion ...

Baca Selengkapnya

Peresmian Toko Beras Si Mbah Barokah Koperasi KOPSYADI - Bidang Ekonomi PP IKADI
05-12-2020 Liputan

  JAKARTA - Jum'at 4/12, Koperasi KOPSYADI / Bidang Ekonomi PP IKADI resmi melunc ...

Baca Selengkapnya

MAULID AKBAR DA'I SE-NUSANTARA bersama K.H. Abdullah Gymnastiar
24-10-2020 Liputan

Sabtu (24/10) bertepatan dengan 7 Rabiul Awwal 1442H, Pengurus Pusat Ikatan Dai Indon ...

Baca Selengkapnya

Webinar Nasional Wakaf Ikadi - Peran Ormas Keagamaan dalam Mengembangkan Wakaf Produktif
25-09-2020 Liputan

Kamis (24/9), PP IKADI menyelenggarakan Webinar (seminar secara online) tentang wakaf ...

Baca Selengkapnya

DAFTAR PENERIMA “DOORPRIZE” PESERTA SEMINAR EKONOMI KEUMATAN – IKADI 2020
08-08-2020 Liputan

DAFTAR PENERIMA “DOORPRIZE” PESERTA SEMINAR EKONOMI KEUMATAN – IKADI ...

Baca Selengkapnya