Home Berita Mancanegara Bank-Bank AS Mulai Tutup Akun-Akun Muslim

Bank-Bank AS Mulai Tutup Akun-Akun Muslim

CAIR Michigan Executive Director Dawud WalidKAIRO - OnIslam : Kaum Muslimin AS telah menerima surat dari bank mereka dari Washington DC hingga ke Florida, yang memberitahu mereka bahwa akun mereka akan segera ditutup. Hal ini mengundang kecaman kelompok hak-hak sipil Muslim bahwa ini didorong oleh kebijakan rasis. 
 
"Kami tidak pernah mengerti apa yang terjadi," kata AbdulHyee Waqas, yang medapatirekening kelompok nirlabanya di Washington ditutup, mengatakan hal itu kepada Los Angeles Times. 
 
"Kami telah menjadi pelanggan yang baik. Itu sangat menyedihkan." 
 
Tahun lalu, muncul laporan bahwa mahasiswa Iran yang belajar di University of Minnesota mendapati akun mereka ditutup. Sekarang bank tampaknya menutup rekening orang-orang yang memiliki koneksi ke Kuwait dan Suriah. 
 
Pengusaha Florida Sofian Zakout baru saja membuka rekening baru di Chase Bank ketika ia menerima surat yang menyatakan bahwa kedua rekening pribadi dan bisnisnya ditutup. 
 
"Untuk menutup saya - ini tidak baik," kata Zakout kepada Times.  "Prasangka semacam ini tidak dapat diterima.". 
 
Zakout menjalankan  American Muslims for Emergency and Relief Inc., yang telah membantu korban Badai Katrina, serta perang saudara di Suriah. 
 
"Biasanya organisasi nirlaba dan amal takut untuk mempublikasikan hal-hal seperti," katanya kepada Times. 
 
"Saya tidak akan tinggal diam. Saya tidak ingin melihat ini terjadi kepada siapa pun lagi. "
 
Bank tidak memberikan penjelasan ke Zakout. 
 
Seorang dokter gigi di Minneapolis mengajukan pada Bank TCF musim panas lalu untuk menawarkan penjelasan rinci dari semua transaksinya. 
 
Namun, respon mengejutkan datang sebagai: Maaf, kami tidak tertarik dalam bisnis Anda. 
 
"Saya tidak melihat alasan mengapa akan ada bendera merah pada apa pun yang saya dilakukan," kata sang dokter gigi, seorang penduduk asli Kuwait yang meminta identitasnya dirahasiakan karena takut pembalasan dari bank saat ini. 
 
"Mungkin mereka memiliki sesuatu yang saya tidak menyadari, tetapi mereka mengatakan mereka tidak bisa mengatakan apa-apa." 
 
Rasisme! 
 
Dengan tidak adanya penjelasan yang ditawarkan dari bank, seorang pengacara Florida untuk Council on American-Islamic Relations (CAIR) telah mengajukan keluhan ke Departemen Kehakiman Divisi Hak Sipil Kehakiman. 
 
Seorang juru bicara Departemen Kehakiman mengatakan masalah ini adalah masalah bagi regulator perbankan, termasuk Biro Perlindungan Keuangan Konsumen. 
 
"Biro mengambil serius tuduhan diskriminasi di pasar keuangan konsumen dan berkomitmen untuk menjaga konsumen memiliki akses kredit yang adil dan setara," ujar juru bicara biro dalam sebuah pernyataan. 
 
Namun dia menambahkan: "Kami tidak bisa mengkonfirmasi atau mengomentari apakah penyelidikan sedang berlangsung." 
 
Frustrasi oleh tanggapan dari beberapa regulator, Council on American-Islamic Relations sedang memikirkan gugatan terhadap bank, kata Direktur Eksekutif Dawud Walid. 
 
Menunggu hasil gugatan itu, Kaum Muslimin mengeluhkan bahwa tindakan tersebut telah menahan layanan amal mereka, termasuk kelompok terbesar di Amerika, Islamic Circle of North America. 
 
Di Washington, Waqas mengatakan penutupan rekening telah mempengaruhi pekerjaan ISNA dengan menyalurkan dana untuk tunawisma dan dana untuk kaum fakir tersebut. 
 
"Kecil, organisasi lokal berusaha untuk melakukan beberapa pekerjaan yang baik, dan tampaknya bahwa seseorang di bank menemukan sesuatu yang mereka tidak suka, dan mereka tidak perlu menjawab kepada siapa pun," katanya tentang penutupan. 
 
"Menjadi pelanggan yang baik, kita layak untuk setidaknya tahu jika kita melewatkan sesuatu,  sehingga kita tahu bahwa kita bisa bertindak sesuai." 
 
Dia mengatakan ingin sebuah forum pemerintah dimana ia bisa mengajukan keleluhan tanpa melalui pertarungan lewat pengadilan yang mahal. 
 
"Bahwa ini adalah fenomena nasional - ini agak mengkhawatirkan, karena jika selanjutnya mereka tidak menyukai beberapa jenis lain dari organisasi, akankah mereka menutupnya?" katanya kepada bank-bank tersebut. 
 
Sumber: OnIslam
 

 
ikadi-fbquotes-qs-yunus-44.jpg

Artikel Terbaru

Rohingya dan Dunia yang Terluka

Rohingya dan Dunia yang Terluka Oleh Samson Rahman Pembantaian muslim Rohingya yang super sadis oleh para biksu Budha radika... Readmore

More in: Mauizhoh, Moderasi Islam, Tips, Khutbah, Fiqh Dakwah, Kemukjizatan Ilmiah, Tafakkur, Kajian, Opini

REKENING DONASI


BSM Cabang Warung Buncit
No.Rek : 7000347447   
a/n Ikatan Da'i Indonesia


BRI Cabang Pasar Minggu
No.Rek: 0339.01.000930.30.7  
a/n Ikatan Da'i Indonesia

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1041
mod_vvisit_counterYesterday2177
mod_vvisit_counterThis week12181
mod_vvisit_counterLast week12821
mod_vvisit_counterThis month33632
mod_vvisit_counterLast month69797
mod_vvisit_counterAll days3757736