Home Berita Liputan IKADI Kota Palembang I'tikaf di Masjid Al Ra'iyah DPRD Prov Sumsel

IKADI Kota Palembang I'tikaf di Masjid Al Ra'iyah DPRD Prov Sumsel

Palembang (4/7/2016) - Salah Satu Sunnah Nabi Muhammad SAW yang kini mulai dilupakan masyarakat ialah ibadah i'tikaf.
Rasulullah SAW pun selalu melaksanakan i'tikaf bahkan menjelang wafat, beliau melaksanakannya selama 20 hari di bulan Suci Ramadhan. Atas dasar hal tersebut, IKADI (Ikatan Da'i Indonesia) Pengurus Daerah Kota Palembang melaksanakan Program I'tikaf sepuluh malam terakhir bulan Suci Ramadhan 1437 H di Masjid Al Ra'iyah DPRD Prov Sumsel.
"Program I'tikaf 1437 H dimulai sejak tanggal 25 Juni sampai 4 Juli 2016, ini merupakan tahun kedua IKADI PD Palembang melaksanakannya, dan alhamdulillah peserta i'tikaf tahun ini jauh lebih meningkat dari tahun sebelumnya baik dari dalam maupun luar kota Palembang". ujar Hendro , salah satu Panitia I'tikaf 1437 H.

Program I'tikaf 1437 H ini merupakan bagian dari rangkaian agenda Syiar Islam kota Palembang, yang sebelumnya telah dilaksanakan Pawai dan Tabligh Akbar Se Kota Palembang bersama Walikota dan 43 ormas.

Adapun rangkaian program i'tikaf diantaranya Sholat Isya dan tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan kajian malam, sholat tahajjud berjama'ah, sahur bersama, sholat shubuh berjamaah dan dilanjutkan dengan kajian Rutin bada shubuh serta ibadah-ibadah pribadi lainnya yang para petugas baik sebagai imam sholat maupun pengisi kajian berasal dr ustadz-ustadz IKADI dan pembicara yang dihadirkan dari berbagai ormas.

Menurut Ustadz H. M. Taufik Saiman, S.Ag selaku Ketua IKADI PD Palembang agenda i'tikaf ini didukung sepenuhnya oleh pemerintah. Selain itu, "Alhamdulillah program ini terselenggara dengan lancar berkat bantuan dan kerja sama baik berupa Dana, paket konsumsi, tenaga dari banyak pihak yaitu Dompet Dhuafa Sumsel, Pengurus Masjid Al Ra'iyah DPRD Prov Sumsel, Majelis taklim Telkomsel, Rumah Zakat, para pengusaha, Tokoh Agama, Pengurus IKADI, Donatur, para jama'ah dan lain sebagainya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu". ujar Ustadz yang sekaligus juga salah satu pembimbing Biro Perjalanan Haji dan umroh IJABAHTOUR ini.
Beliau menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya program ini ialah untuk mengenalkan kepada masyarakat kota Palembang ibadah i'tikaf di sepuluh malam terakhir Ramadhan serta menjalin kebersamaan dan ukhuwah Islamiyah karena dalam sepuluh hari jama'ah akan saling berbaur bersilaturahim bahkan sampai sahur bersama, tidak ada sekat-sekat pemisah baik itu para pejabat, masyarakat biasa, mahasiswa dan sebagainya, semua berbaur menjadi satu. Program ini pun selaras dengan visi misi Pemkot menuju Palembang EMAS 2018, karena visi misi tersebut akan terwujud manakala akhlak masyarakatnya baik.

Di sela-sela kegiatan berlangsung, salah satu peserta bernama Suhandi asal Kota Bogor pun juga menyampaikan, "Beruntung Ramadhan 1437 H saya bisa menyempurnakan ibadah di 10 hari terakhir Ramadhan tahun ini di Palembang. Terimakasih kepada IKADI Kota Palembang yang sudah menyelenggarakan Program I'tikaf di Masjid Al Ra'iyah DPRD Prov Sumsel. Saya merasakan ukhuwah yang terjalin antar peserta I'tikaf. Semoga ke depan IKADI dapat terus menggagas acara seperti ini".

Senada dengan Suhandi, "Saya sangat puas atas penyelenggaraan i'tikaf selama 10 malam ini. Menurut saya penyelenggaran i'tikaf di masjid al Rai'yah ini sudah cukup baik, dari segi kajiannya, shalat tahajud berjamaahnya, serta sahur berjamaahnya". ujar Ari Rizki mahasiswa Polsri yang ikut 10 hari i'tikaf.

Agenda i'tikaf ini ditutup pada tanggal 4 juli 2016 pukul 06.00 pagi, dan dalam sambutannya Ust. H. M. Taufik Saiman, S.Ag menyampaikan, "Saya berharap kegiatan positif seperti ini bisa terus dilanjutkan, disupport bahkan didanai langsung oleh Pemerintah Kota, bila perlu dimasukkan dalam APBD dan APBN. Saya juga berharap ormas-ormas bersatu melaksanakan agenda i'tikaf di 16 kecamatan se-kota Palembang dan kami menargetkan tahun berikutnya minimal 1 kecamatan terdapat 1 masjid yang melaksanakan agenda i'tikaf".



Sumber: IKADI Palembang

 
ikadi_islamic_message1015c.jpg

REKENING DONASI


BSM Cabang Warung Buncit
No.Rek : 7000347447   
a/n Ikatan Da'i Indonesia


BRI Cabang Pasar Minggu
No.Rek: 0339.01.000930.30.7  
a/n Ikatan Da'i Indonesia

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday1189
mod_vvisit_counterYesterday1989
mod_vvisit_counterThis week1189
mod_vvisit_counterLast week13129
mod_vvisit_counterThis month35769
mod_vvisit_counterLast month69797
mod_vvisit_counterAll days3759873