Home Berita Liputan Media Jangan Mudah Diadu Domba Pihak Lain Untuk Memecah Bangsa Ini

Jangan Mudah Diadu Domba Pihak Lain Untuk Memecah Bangsa Ini

Ketua Umum Ikatan Da'i Indonesia (Ikadi) Prof Dr. KH. Ahmad Satori Ismail mengatakan bangsa Indonesia sebagai bangsa majemuk harus memperkuat toleransi antarumat beragama agar tidak mudah diadu domba pihak lain yang ingin memecah belah bangsa ini.

"Umat Islam sebagai mayoritas harus terus memperkokoh persatuannya dan bisa bersikap toleran dengan kelompok lainnya. Demikian juga kelompok lain wajib berusaha menyatukan dan berusaha bisa toleran terhadap kelompok Islam," kata Ahmad Satori di Jakarta, Rabu.

Bangsa Indonesia kini tengah diuji dengan berbagai gejolak sosial masyarakat yang dipicu kasus dugaan penistaan agama. Kebhinekaan dan perbedaan itu adalah satu hal yang alami di Indonesia. Bahkan dalam satu keluarga saja bisa berbeda, apalagi melebar ke satu suku bangsa, itu pasti ada perbedaan. Yang penting, lanjut guru besar UIN Syarif Hidayatullah ini, dalam perbedaan itu masyarakat bisa saling menghormati dan menghargai, serta memperkokoh persatuan.

"Jangan sampai perbedaan itu dipertajam dengan berusaha untuk melemparkan kebencian atau melakukan tindakan teror atau hal-hal yang menyakiti orang lain. Itu jelas tidak bisa dibenarkan dan harus dilawan dan dihilangkan," katanya.

Terkait dengan kasus dugaan penistaan agama, Ahmad Satori mengatakan sebaiknya diserahkan saja kepada pemerintah untuk melakukan yang terbaik.

"Umat Islam yang agamanya dinista tentunya harus berpikir rasional dan bersikap sesuai dengan koridor hukum. Jangan sampai terpancing kemudian melakukan hal-hal yang tidak baik," katanya.

Ia mengajak para dai untuk berperan aktif membantu pemerintah menyebarkan kedamaian demi persatuan NKRI. Salah satunya dengan membanjiri sosial media dengan tulisan kedamaian, ayat, dan hadits yang benar dan sesuai dengan Islam yang rahmatan lil alamin.

"Semakin banyak menulis hal yang baik dalam menjaga NKRI akan sangat baik. Para ulama sendiri sudah bertekad bahwa NKRI final," katanya.

 
gambar-kata-hikmah-ikadi-islamic-quotes-ayat-2964.jpg

REKENING DONASI


BSM Cabang Warung Buncit
No.Rek : 7000347447   
a/n Ikatan Da'i Indonesia


BRI Cabang Pasar Minggu
No.Rek: 0339.01.000930.30.7  
a/n Ikatan Da'i Indonesia

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday355
mod_vvisit_counterYesterday3245
mod_vvisit_counterThis week355
mod_vvisit_counterLast week15876
mod_vvisit_counterThis month32705
mod_vvisit_counterLast month58214
mod_vvisit_counterAll days3815023