Toronto Gelar Reviving Islam Spirit (RIS) 2013

Dibuat Tanggal 03-01-2014
Ribuan umat Muslim dari berbagai penjuru dunia berkumpul di Toronto, Kanada. Mereka datang untuk menghadiri pertemuan tahunan Reviving Islam Spirit (RIS). Acara yang berlangsung tanggal 27 - 29 Desember 2013 ini, diadakan di jantung pusat kota Toronto di Metro Toronto Convention Center , di samping ikon CN Tower. Selama musim liburan akhir tahun ini, sekurang-kurangnya 20 ribu peserta yang berasal dari  Amerika Utara dan bagian penjuru dunia lainnya hadir di Toronto.
 
"Pertemuan tahun ini akan mengusung tema 'Ubah Kondisi Kita: Merumuskan kembali iman'," ujar ketua RIS, Fouzan Khan, sebagaimana dilansir onislam, pekan lalu. Ia menyatakan, Alquran telah membuat panggilan jiwa yang kuat untuk berintrospeksi diri dan melakukan perubahan menuju kebaikan. "Konferensi tahun ini bertujuan untuk mengaktualisasikan pesan ini dan mengingatkan kita apakah pesan tersebut masih berlaku hingga kini," katanya.
 
RIS merupakan sebuah acara global terbesar yang digelar oleh kalangan umat Islam dari dunia barat. Di tempat ini,  para pemikir terkemuka dan ahli agama bertemu dan berdiskusi.  
 
Sederet tokoh dan pemikir terkemuka seperti Karen Armstrong,i Rabbi Michael Lerner, Pendeta Rob Oliphant, dan Dr John Ralston Saul hadir dalam pertemuan itu.
 
Acara itu juga melibatkan urusan politik dan sipil sebagai fokus kajiannya. Beberapa tokoh Muslim yang terkemuka dan jago dalam bahasa Inggris juga dihadirkan sebagai pembicara. 
 
Antara lain Dr Seyyed Hossein Nasr, Habib Ali Al-Jifri, Duta Besar Shabazz, Prof  Tariq Ramadan, Syekh Hamza Yusuf, Dalia Mogahed, Imam Zaid Shakir, Imam Suhaib Webb, Ustaz Nouman Ali Khan dan Yasmin Mogahed.
 
Konferensi dimulai selepas shalat Jumat, yang khotbahnya disampaikan Ustaz Nouman Ali Khan, seorang ulama populer yang sedang digandrungi kaum muda. 
 
Malam harinya  dilanjutkan dengan acara makan malam formal yang tamunya selain para pembicara dan peserta konferensi, para politisi setempat, pimpinan perusahaan serta media juga diundang. 
 
Dalam acara tersebut, Dr John Esposito, seorang profesor ternama ahli ilmu agama dan internasional dari Georgetown University menyampaikan pidatonya.
 
Selain menjadi tempat serius untuk saling berbagi ide dan pemikiran intelektual, konferensi RIS juga diselingi dengan hiburan. Antara lain seniman musik Islami dari Malaysia, Raihan dan comic terkenal, Maz Jobrani.
 
Bazaar produk-produk dan jasa dari seluruh Amerika Utara dan negara lainnya juga dipamerkan selama tiga hari penuh. Dipamerkan juga makanan khas dan produk halal.
 
Selain itu, dalam acara ini juga menggalang dana bantuan untuk membantu wilayah-wilayah Amerika Utara yang mengalami musim dingin terparah.
Makanan dan baju-baju hangat dikumpulkan kemudian disumbangkan pada orang-orang kurang mampu di wilayah Toronto dan sekitarnya.
 
Sebuah survei mengatakan penduduk Muslim di Kanada bangga menjadi bagian negaranya dan mereka berkesempatan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi daripada rata-rata penduduk lainnya.
 
Islam adalah agama yang paling cepat perkembangannya di Kanada. Populasi Muslim meningkat sebesar 82 persen selama satu dekade terakhir ini. 
 
Di 2001, jumlah Muslim di Kanada hanya sekitar 579 ribu dan di tahun 2011, jumlahnya mencapai lebih dari 1 juta jiwa. Jumlah ini adalah 3,2 persen dari total penduduk Kanada.  
 
sumber:onislam
share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Distribusi Air untuk Ibadah Haji Tahun Ini Capai 10 Juta Meter Kubik
02-10-2015 Mancanegara

JEDDAH - Perusahaan Air Nasional (NWC) Arab Saudi  mengungkapkan total volume a ...

Baca Selengkapnya

Saudi Sebarkan Ribuan Foto Jemaah Haji yang Wafat
30-09-2015 Mancanegara

MAKKAH - Hampir 1.100 foto disebarkan oleh Arab Saudi ke diplomat asing. Foto terseb ...

Baca Selengkapnya

Hujan Es Disertai Angin Kencang Landa Makkah
11-09-2015 Mancanegara

MAKKAH - Hujan deras dengan butir-butir kecil es disertai angin kencang dan suara ge ...

Baca Selengkapnya

Alat Berat Jatuh, Banyak Jamaah Terluka dan Meninggal Di Masjidil Haram
11-09-2015 Mancanegara

MAKKAH - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ada 20 jamaah calon haji In ...

Baca Selengkapnya

Pesepakbola Muslim Top Dunia Konsisten Tolak Pegang Segelas Bir
07-09-2015 Mancanegara

Dua pemain Muslim di klub raksasa sepak bola Jerman Bayern Munich menolak untuk meme ...

Baca Selengkapnya

Islam Side Street Shinjuku, Tempat di Jepang Dengan Nuansa Islam
01-07-2015 Mancanegara

TOKYO -- Sepekan sekali, jalanan di Distrik Shinjuku ditutup. Lantaran para pedagang ...

Baca Selengkapnya