Rajab, Perbanyak Istighfar

Dibuat Tanggal 25-02-2021

Rajab, Perbanyak Istighfar

Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Anas bin Malik ra, “Rajab adalah Syahrullah (bulan Allah), Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku.” (HR. Dailamiy). Berkaitan dengan Hadis di atas, Imam Dailamiy meriwayatkan bahwa pada Syahrullah ini, perbanyaklah istighfar karena dalam setiap jam di bulan Rajab ini, Allah SWT membebaskan orang-orang dari neraka. Untuk alasan inilah para ulama kemudian menjelaskan bahwa Rajab merupakan bulan untuk memperbanyak istighfar dan bertaubat kepada Allah Robbun Ghofur melebihi yang rutin dibaca tiap harinya. Sedangkan Sya’ban adalah bulan yang baik untuk memperbanyak shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW dan Ramadhan (Syahrul Qur’an) adalah bulan yang tepat untuk memperbanyak berinteraksi Alquran.

Rasulullah SAW memberikan teladan kepada kita agar senantiasa beristighfar sebagaimana Beliau sendiri melakukannya tak kurang dari tujuh puluh kali tiap harinya. Demi Allah, sungguh aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR. Bukhari).

Beliau juga mengajarkan bahwa ada kalimat istighfar yang sangat dahsyat keutamaannya, yakni sayyidul istighfar. Dari Syaddad bin Aus ra dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Sayyidul Istighfar (penghulu istighfar) adalah Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘alaa ‘ahdika wawa’dika mastatho’tu a’udzubika min syarri maa shona’tu abuu ulaka bini’matika ‘alayya wa abuu ubidzanbii faghfirlii fainnahuu laa yaghfirudzdzunuuba illaa anta. Barangsiapa yang membacanya dengan penuh keyakinan pada sore hari kemudia ia meninggal pada malamnya maka ia akan masuk surga. Dan barangsiapa yang membacanya dengan penuh keyakinan pada pagi hari kemudian ia meninggal pada hari itu ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari).

Begitulah Allah Yang Maha Pengampun dan Penerima Taubat, sangat suka kepada hambaNYA yang merutinkan zikir istighfar dan segera bertaubat kepadaNYA dengan memberikan surga sebagai garansinya. Allah SWT berfirman, “ Dan juga orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya..(QS. Ali Imran : 135-136).

Istighfar juga sangat dianjurkan di masa pandemi sebagai upaya meningkatkan sistem imun dari aspek ruhiyah. Ketua IDI Kuningan Jawa Barat, dr. Asep Hermana., S.pB., FINaCS., MM mengemukakan bahwa istighfar memberikan efek positif terhadap peningkatan imun seseorang yang membacanya seratus kali tiap hari. Hal ini beliau sampaikan dari hasil penelitian di Turki terhadap kelompok mahasiswa yang merutinkan istighfar sebanyak seratus kali tiap hari selama tiga puluh hari. Kelompok mahasiswa ini mempunyai respon imunitas yang bagus dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang tidak merutinkan istighfar.

Momentum Rajab kita perbanyak istighfar agar jiwa tak pudar, apalagi Ramadhan sebentar lagi hadir, mari kita sambut gembira dengan mata berbinar. Allahua’lam.

 

Alexander Zulkarnaen

Ketua Deputi Humas IKADI SUMUT

 

Wakil Ketua Majelis Dakwah PW Al Washliyah SUMUT

 

 

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Taqarrub Kepada Allah Swt
29-07-2021 Tafakkur

 Taqarrub kepada Allah swt Perspektif Al-Qur’an Dr. Atabik Luthfi, MA &nb ...

Baca Selengkapnya

WUKUF ARAFAH, Momentum TAUBAT NASIONAL dan GLOBAL
19-07-2021 Tafakkur

    WUKUF ARAFAH, Momentum TAUBAT NASIONAL dan GLOBAL   Oleh:  ...

Baca Selengkapnya

Doa Menyambut Ramadhan
25-03-2021 Tafakkur

  Doa Menyambut Ramadhan Semoga doa ini diijabah Allah SWT dan kita semua mampu ...

Baca Selengkapnya

Amalan Syakban
16-03-2021 Tafakkur

Amalan Syakban   Syakban merupakan bulan ke-delapan dalam sistem penanggalan tah ...

Baca Selengkapnya

Keunikan Shalat Berjamaah
10-03-2021 Tafakkur

Keunikan Shalat Berjamaah Sesungguhnya shalat adalah ibadah yang istimewa sekaligus un ...

Baca Selengkapnya

Amalan Bulan Rajab
24-02-2021 Tafakkur

Amalan Bulan Rajab Rajab sebagai salah satu bulan Haram (suci) dalam Islam sangat dian ...

Baca Selengkapnya