Peresmian Masjid IKADI Cilacap

Dibuat Tanggal 14-04-2009

Cilacap (20/3) – Atas berkah rahmat Allah swt serta kerjasama dan kontribusi dari semua pihak, pembangunan masjid IKADI di jl.Kutilang barat RT 01 RW 11 Kelurahan Donan Cilacap telah selesai dirampungkan. Masjid IKADI dikerjakan selama 4 bulan semenjak pertengahan November 2008. Masjid IKADI adalah bangunan Masjid ke 1.043 yang dibangun oleh Yayasan Hilal Ahmar Uni Emirates Arab.

“Masjid IKADI berdiri atas kontribusi semua pihak. Mulai dari Yayasan Hilal Ahmar dari Uni Emirate Arab, H Sukardi selaku pihak waqif, IKADI Kab Cilacap serta seluruh masyarakat. Maka masjid IKADI sudah seharusnya menjadi milik semua pihak, bukan hanya seseorang atau segolongan pihak” ungkap Ust Faiz Al Hamidi dalam sambutan pembukaannya. “Sesungguhnya, masjid adalah rumah Allah yang ada diatas bumi. Maka, harus dijadikan sebagai sarana taqorub ilalloh. Kita umat Islam harus memakmurkan masjid dan merasa betah di masjid karena sedang jadi tamu Allah. Makin sering bertandang ke rumah tetangga, maka kita makin akrab dengannya. Makin lama di masjid, insya Allah juga tambah dekat kepada Allah” tambahnya sambil tersenyum.

Acara peresmian masjid IKADI dilakukan pada hari Jum’at (20/3) pukul 13.00 dan dihadiri sekitar 100 orang yang terdiri dari tokoh masyarakat, alim ulama, donatur maupun masyarakat sekitar.Peremian ini ditandai dengan penyerahan secara symbolis berupa karpet,sound sytem dan al quran dari Ir Slamet Riyadi sebagai perwakilan Yayasan Hilal Ahmar kepada ust.Faiz Al Hamidi dari IKADI.

Ir Slamet riyadi menyampaikan apresiasi yang kepada masyarakat atas dukungan dan partisipasi masyarakat. “Setelah masjid berdiri dan diresmikan, kami berharap bisa dijadikan sebagai tempat sholat berjama’ah. Juga sebagai sarana perekat ukhuwah Islamiah. Jangan lagi mau dikotak-kotakkan dalam berbagai sekat seperti ormas dan partai sebagaimana terjadi di beberapa daerah” ujarnya bersemangat.

Lebih lanjut, Ir Slamet Riyadi juga menegaskan bahwa masjid harus menjadi sarana dakwah dan tarbiyah islamiah. “Keberadaan masjid di suatu daerah harus mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar khususnya semaraknya dakwah islamiah. Maka masjid harus menjadi tempat bagi masyarakat untuk memperdalam pemahaman agamanya” ungkapnya serius.

Dalam sesi pengajian, Ust Arwani Amin, Lc menyoroti fungsi dan peran masjid dalam dakwah islamiah. “Masjid memiliki posisi sentral dalam diri umat Islam. Sekarang, umat Islam cenderung memaknai fungsi masjid sebatas ruang lingkup ubudiah. Padahal masjid bisa digunakan sebagai sarana ta’aruf dan universitas untuk mencerdaskan umat” ungkapnya.

“Bahkan, masjid bisa pula digunakan sebagai tempat pelarian jika ada masalah” pancing Ust Arwani Amin, Lc kepada jama’ah. “Hal ini pernah terjadi pada ‘Ali bin Abu Tholib ra. Saat dirinya ada masalah dengan istrinya, ‘Ali bin Abu tholib. ra tidak refreshing ke gunung, pasar atau ke tempat maksiat seperti yang dilakukan oleh masyarakat sekarang, tapi merenung di masjid. Perilaku seperti ini perlu kita biasakan dimasa sekarang” ungkapnya ringan yang disambut senyum seluruh hadirin.

Acara ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ust Wahid Ahmadi yang merupakan ketua IKADI Jawa Tengah serta sholat ‘ashar berjama’ah. (M Hatta).


share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Sambutan dan Arahan Ketum PP IKADI Pada Pembukaan RAKORNAS IKADI 2020
10-03-2020 Liputan

Poin-poin sambutan dan arahan Ketua Umum PP IKADI Prof. Dr. K.H.  Ahmad Sat ...

Baca Selengkapnya

Anies Baswedan: Da'i Harus Kreatif Namun Tetap Menjaga Nilai dan Ketaatan dalam Beragama
10-03-2020 Liputan

Beberapa poin yang disampaikan Gubernur DKI Anies Bawesdan dalam pembukaan RAKORNAS I ...

Baca Selengkapnya

RAKORNAS IKADI 2020: Memperkokoh Dakwah Islam Rahmatan Lil 'Alamin
10-03-2020 Liputan

Jakarta – Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi) menggelar Rapat Koordinasi Nasional ...

Baca Selengkapnya

Konperensi Pers Jelang RAKORNAS IKADI 2020
04-03-2020 Liputan

JAKARTA -- Dalam Rangka menjawab berbagai masalah umat bangsa dan  tantangan dak ...

Baca Selengkapnya

KUII VII Bahas Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia di Berbagai Bidang
27-02-2020 Liputan

Bertempat di Ballroom Novotel Hotel Pangkalpinang Bangka, Kongres Umat Islam Indonesi ...

Baca Selengkapnya

Ketum dan Sekjen PP IKADI Ikuti Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII 2020 di Bangka Belitung
27-02-2020 Liputan

Perhelatan lima tahunan,  Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke-7 di Provinsi Ban ...

Baca Selengkapnya