PD IKADI Rokan Hulu Gelar Pelatihan Manajemen Masjid

Dibuat Tanggal 08-02-2009

Rabu, 04 Pebruari 2009
RAMBAH HILIR(RP) - Pengurus Daerah (PD) Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), melaksanakan kegiatan pelatihan manajemen masjid se Kabupaten Rohul.

Pelatihan dipusatkan di Masjid Nurul Huda, Desa Kulim Jaya, Kecamatan Rambah Hilir. Acara dibuka Camat Rambah Hilir, Irwandi.

Ketua Ikadi Rohul, H Sakinul Muttaqin LC kepada Riau Pos, Selasa (3/2) mengatakan, target pelaksanaan latihan manajemen masjid itu untuk memberdayakan masjid sebagai sentral kebangkitan umat. ‘’Fungsi masjid sekarang ini masih sebatas pada pelaksanaan ritualitas saja. Sementara pada zaman Rasulullah dan para sahabat, jelas sekali bahwa masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tapi juga sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan,’’ jelasnya.

Menurut H Sakinul Muttaqin, kegiatan yang dilaksanakan di Rambah Hilir langsung ditaja oleh Pengurus Daerah Ikadi Rohul bekerja sama dengan KUA Kecamatan Rambah Hilir. Dimana dari rangkaian kegiatan tersebut dihadiri oleh imam dan pengurus masjid se kecamatan Rambah Hilir beserta utusan remaja masjid. Acara tersebut juga disambut dengan penuh semangat dari masyarakat. Hal itu terbukti dari banyaknya para peserta yang hadir dan begitu hangatnya dialog yang terjadi dalam setiap materi yang disampaikan.

‘’Target panitia, peserta hanya 100 orang. Namun, yang hadir ternyata melebihi target. Ini sebuah harapan bahwa, masyarakat sangat haus terhadap siraman rohani yang bermanfaat,’’ tambah H Sakinul Mutaqqin.

Camat Rambah Hilir, Irwandi dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pengurus Ikadi dan masyarakat yang telah mendukung jalannya acara. Menurut Irwandi, dengan situasi seperti saat ini, masih ada pihak yang peduli terhadap pembinaan masyarakat sehingga pekerjaan ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah tapi juga dipikul secara bersama-sama oleh setiap komponen masyarakat.

KUA Rambah Hilir, Syamsuar SAg sebagai salah seorang pemateri menyampaikan, masjid harus dikelola sedemikan rupa sehingga lebih menarik masyarakat untuk ke masjid. Sementara itu pemateri dari Pekanbaru, H Roudhatul Firdaus LC mengangkat tema tentang urgensi pemahaman terhadap Fiqih Ikhtilaf (Fiqh Perbedaan Pendapat).

‘’Masyarakat sudah jenuh dengan pertengkaran-pertengkaran dan perselisihan kecil yang tidak membawa manfaat, bahkan merugikan. Sudah saatnya kita membuka pintu toleransi yang lebih luas terhadap perbedaan yang tidak prinsifil dan bekerja sama pada hal-hal yang telah disepakati,’’ kata Roudhatul Firdaus.(har)

Sumber: RiauPosOnline

 

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Sambutan dan Arahan Ketum PP IKADI Pada Pembukaan RAKORNAS IKADI 2020
10-03-2020 Liputan

Poin-poin sambutan dan arahan Ketua Umum PP IKADI Prof. Dr. K.H.  Ahmad Sat ...

Baca Selengkapnya

Anies Baswedan: Da'i Harus Kreatif Namun Tetap Menjaga Nilai dan Ketaatan dalam Beragama
10-03-2020 Liputan

Beberapa poin yang disampaikan Gubernur DKI Anies Bawesdan dalam pembukaan RAKORNAS I ...

Baca Selengkapnya

RAKORNAS IKADI 2020: Memperkokoh Dakwah Islam Rahmatan Lil 'Alamin
10-03-2020 Liputan

Jakarta – Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi) menggelar Rapat Koordinasi Nasional ...

Baca Selengkapnya

Konperensi Pers Jelang RAKORNAS IKADI 2020
04-03-2020 Liputan

JAKARTA -- Dalam Rangka menjawab berbagai masalah umat bangsa dan  tantangan dak ...

Baca Selengkapnya

KUII VII Bahas Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia di Berbagai Bidang
27-02-2020 Liputan

Bertempat di Ballroom Novotel Hotel Pangkalpinang Bangka, Kongres Umat Islam Indonesi ...

Baca Selengkapnya

Ketum dan Sekjen PP IKADI Ikuti Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII 2020 di Bangka Belitung
27-02-2020 Liputan

Perhelatan lima tahunan,  Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke-7 di Provinsi Ban ...

Baca Selengkapnya