Mukjizat Alquran tentang Garis Edar Tata Surya

Dibuat Tanggal 04-04-2012

Semua benda langit tersebut bergerak dalam garis peredaran yang diperhitungkan dengan sangat teliti. Selama jutaan tahun, masing-masing seolah "berenang" sepanjang garis edarnya dalam keserasian dan keteraturan yang sempurna bersama dengan yang lain. Selain itu, sejumlah komet juga bergerak bersama sepanjang garis edar yang ditetapkan baginya.

Semua benda langit termasuk planet, satelit yang mengiringi planet, bintang, dan bahkan galaksi, memiliki orbit atau garis edar mereka masing-masing. Semua orbit ini telah ditetapkan berdasarkan perhitungan yang sangat teliti dengan cermat. Yang membangun dan memelihara tatanan sempurna ini adalah Allah, Pencipta seluruh sekalian alam.

Garis edar di alam semesta tidak hanya dimiliki oleh benda-benda angkasa. Galaksi-galaksi pun berjalan pada kecepatan luar biasa dalam suatu garis peredaran yang terhitung dan terencana. Selama pergerakan ini, tak satupun dari benda-benda angkasa ini memotong lintasan yang lain, atau bertabrakan dengan lainnya. Bahkan, telah teramati bahwa sejumlah galaksi berpapasan satu sama lain tanpa satu pun dari bagian-bagiannya saling bersentuhan.

Fenomena itu telah disebutkan dalam Alquran sejak abad ke-7 M. Padahal, pada zaman itu manusia tidak memiliki teleskop ataupun teknologi canggih untuk mengamati ruang angkasa berjarak jutaan kilometer, tidak pula pengetahuan fisika ataupun astronomi modern. Dalam Alquran disebutkan matahari dan bulan masing-masing bergerak dalam orbit atau garis edar tertentu.

Simak firman Allah SWT dalam surah Al-Anbiya [21] ayat 33: ''Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya."

Disebutkan pula dalam surah Ya Sin [36] ayat 38: ''Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.''

Menurut Alquran, keseluruhan alam semesta yang dipenuhi oleh lintasan dan garis edar: "Demi langit yang mempunyai jalan-jalan." (QS Az-Zariyat [51]:7)

Maha Benar Allah SWT dengan Segala Firmannya.

 

Sumber: Republika, HarunYahya.

 

 

 

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Keajaiban Penciptaan Batang Tenggorokan
04-11-2012 Kemukjizatan Ilmiah

Struktur tenggorokan adalah contoh dari sistem yang sempurna dalam tubuh manusia. ...

Baca Selengkapnya

Mukjizat Alquran tentang Jenis Kelamin Bayi
26-04-2012 Kemukjizatan Ilmiah

''Cabang-cabang ilmu pengetahuan yang berkembang seperti genetika dan bi ...

Baca Selengkapnya

Ayat AlQuran Tentang Anatomi Kulit
07-03-2012 Kemukjizatan Ilmiah

  ''Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada ayat-ayat Kami, kela ...

Baca Selengkapnya

Download Khutbah Ied
27-08-2011 Artikel

Khutbah Iedul Fithri 1432H Syarat Kebangkitan Bangsa Menurut al-Qur'an  - Muham ...

Baca Selengkapnya

Fenomena Hujan dalam AlQuran
13-07-2009 Kemukjizatan Ilmiah

Harun Yahya dalam The Signs in The Heavens and the Earth for Men of Understanding ...

Baca Selengkapnya

Turunnya Besi dari Langit
22-05-2008 Kemukjizatan Ilmiah

Ayat tersebut menyinggung keberadaan besi di bumi dan keberadaannya terjadi dengan pr ...

Baca Selengkapnya