Ketum IKADI: Sempurnanya Puasa Tergantung Pengaruh Positif Pasca Ramadhan

Dibuat Tanggal 03-05-2022

Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI) Dr. KH. Ahmad Kusyairi Suhail, MA, didapuk menjadi Khatib Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H di Lapang Masjid Baiturrahman Perumahan Kemang Pratama 3 Kota Bekasi, Senin, 2 Mei 2022 M.

Dalam khutbahnya, Kiyai Kusyairi, di antaranya mengingatkan bahwa setelah sebulan penuh kaum muslimin beribadah puasa Ramadhan, maka memasuki hari raya Idul Fitri, jiwa kita kembali kepada fitrah. Keluar dari 'Universitas' Ramadhan dengan kesucian jiwa dan kebersihan hati.

Jiwa yang fitri ini merupakan modal sekaligus aset besar bagi perjalanan kehidupan orang beriman sebelas bulan ke depan. Maka, kita berkewajiban untuk merawat, mempertahankan dan mengembangkannya dengan penunaian berbagai amal kebaikan pasca Ramadhan. Sebab keberhasilan orang berpuasa meraih derajat takwa, sebagaimana dalam QS Al Baqarah: 183, bukan ditandai dengan berakhirnya Ramadhan. Melainkan, ditandai dengan sejauh mana konsistensi orang-orang yang berpuasa dalam menunaikan beragam ibadah pasca Ramadhan. Ditandai dengan kesinambungan harmonisasi hubungan dengan Allah SWT tetap terjaga dan terpelihara dengan baik pasca Ramadhan. Ditandai dengan bagaimana nilai-nilai takwa terejawentahkan dan membumi dalam seluruh sendi kehidupan pasca Ramadhan. Ditandai dengan pengaruh positif dalam kehidupan pasca Ramadhan. Sehingga kemungkaran dan kemaksiatan berkurang. Korupsi mendekati matisuri. Menguatnya Ukhuwwah Islamiyah (persaudaraan sesama muslim), Ukhuwwah Wathoniyah (persaudaraan sesama anak bangsa) dan Ukhuwwah Insaniyah (persaudaraan sesama manusia). Dan inilah hakekat takwa yang mencakup dua dimensi; Hablun Minallah, hubungan vertikal antara manusia dengan Allah, dan Hablun Minnannas, hubungan horizontal antara manusia dengan makhluk lainnya.

Sebab, apabila Allah SWT menerima amal ibadah hamba-Nya (termasuk puasa Ramadhan), maka Allah akan membantunya untuk melaksanakan berbagai ketaatan dan kebajikan.

Semoga karena para pemimpin, pejabat dan rakyat berpuasa Ramadhan, menjadikan Indonesia lebih baik, lebih makmur dan sejahtera dalam dekapan ridho dan taufiq Ilahi...

 

 

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Banjir Doorprize di Diklat Kepemudaan Nasional IKADI
27-09-2022 Liputan

  Banjir Doorprize di Diklat Kepemudaan Nasional IKADI   Perhelatan Diklat ...

Baca Selengkapnya

PEMUDA IKADI SELENGGARAKAN DIKLAT KEPEMUDAAN NASIONAL IKADI BATCH 1
26-09-2022 Liputan

PEMUDA IKADI SELENGGARAKAN DIKLAT KEPEMUDAAN NASIONAL IKADI BATCH 1   Dengan men ...

Baca Selengkapnya

IKADI Jalin Silaturrahim dengan Kemenparekraf
17-08-2022 Liputan

  IKADI Jalin Silaturrahim dengan Kemenparekraf   —Pengurus Pusat ...

Baca Selengkapnya

Ketum IKADI: Tingkatkan Komitmen Moral, Pembersihan Diri dan Interaksi Sosial
08-08-2022 Liputan

Ketum IKADI: Tingkatkan Komitmen Moral, Pembersihan Diri dan Interaksi Sosial   ...

Baca Selengkapnya

Muswil Ke-3 Ikadi Bengkulu UAS (Ustadz Adi Sucipto) Terpilih Sebagai Ketua
01-08-2022 Liputan

Muswil ke-3 Ikadi Bengkulu UAS (Ustadz Adi Sucipto) terpilih sebagai Ketua   B ...

Baca Selengkapnya

PP IKADI Gelar Raker di Bogor
04-07-2022 Liputan

Sabtu-Ahad (2-3/7) Bertempat di Bumi Gumati Resort Sentul Bogor, PP IKADI menggelar Rap ...

Baca Selengkapnya