IKADI: Kaderisasi Ulama Harus Ditingkatkan

Dibuat Tanggal 31-07-2021

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Para ulama merupakan pewaris para nabi yang harus dijaga keberadaannya sebagai sumber ilmu pengetahuan agama. Namun, di tengah pandemi Covid-19 ini, sangat banyak ulama atau kiai yang sudah wafat. Karena itu, ormas Islam perlu meningkatkan program kaderisasi untuk melahirkan ulama yang mumpuni dalam mendakwahkan ajaran Islam.

 

Sekretaris Jenderal Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), ustaz Ahmad Kusyairi Suhail mengatakan, program kaderiasi ulama sangat penting dilakukan, termasuk di masa pandemi sekarang ini. “Apalagi dalam kondisi realitas bahwa sekarang banyak ulama yang dipanggil Allah. Sudah barang tentu program semacam ini harus semakin lebih diintensifkan dan ditingkatkan,” ujar Ustaz Kusyairi saat dihubungi Republika.co.id, Jum’at (30/7).

 

Menyadari kondisi itu, menurut dia, Ikadi juga tetap melaksanakan program kaderisasi ulama di masa pandemi ini. Menurut dia, Ikadi memanfaatkan teknologi dan informasi untuk tetap melakukan kaderisasi terhadap para calon ulama masa depan.

 

“Dengan adanya keterbatasan di tengah pandemi ini, alhamdulillah kita mamanfaatkan teknologi yang ada, sehingga beberapa program itu masih berlangsung,” ucapnya.

 

Dia mengatakan, sebelum adanya pandemi Covid-19, sebenarnya Ikadi sudah menyelenggarakan beberapa program kaderisasi ulama, seperti program I'dad Duat (kaderisasi da’i) dan program Pelatihan Mubaligh Ikadi (PMI).

 

“Tapi yang sudah kita lakukan beberapa angkatan itu namanya program PMI. Ini kita selenggarakan selama beberapa kali pertemuan,” ucapnya.

 

Dalam program PMI tersebut, menurut dia, para peserta dibekali wawasan ilmu pengetahuan sebagai seorang dai, mulai dari tentang cara berkhutbah yang baik, berdakwah yang baik, dan dibekasi dengan wawasan Islam rahmatan lil alamin.

 

“Karena sejak awal IKADI memang mengusung jargon menebar Islam rahmatan lil alamin, wawasan kebangsaan, wawasan keumatan,” katanya. 

 

Para peserta yang sudah mengikuti program tersebut kemudian akan diberikan sertifikat dan dilantik sebagai dai. “Itu berlangsung setiap angkatannya itu tiga bulan. Alhamdulillah sekarang sudah angkatan keenam dan setiap angkatan jumlahnya 50 sampai 60 orang. Itu secara berkala kita adakan,” jelasnya.

 

Ustaz Kusyairi menambahkan, dalam melakukan kaderisasi ulama, IKADI juga bekerjasama dengan masjid-masjid untuk memberikan pelatihan kepada para pengurusnya, sehingga mereka bisa menjadi pengganti ketika ada seorang khatib yang berhalangan.

 

“Lalu, kita sisir juga beberapa kader-kader ulama yang lain. Ini yang rutin ktia laksanakan di kantor Ikadi pusat. Program ini juga dilaksanakan para pengurusa Ikadi di seluruh Indonesia,” ujarnya.

 

Selama pandemi covid-19, tambah dia, berbagai program kaderisasi ulama tersebut biasanya dilaksanakan secara hybrid, yaitu dilakukan secara tatap muka dan juga secara daring. “Seperti kemarin ketika diberlakukan PSBB dan PKKM mau tidak mau kita laksanakan secara online,” kata Ustaz Kusyairi.

 

Sumber: ihram.co.id

 

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Perkuat Karakter Keagamaan Mahasiswa, STKIP Rokania MoU dengan IKADI Rohul
12-08-2021 Liputan Media

  Perkuat Karakter Keagamaan Mahasiswa, STKIP Rokania MoU dengan IKADI Rohul & ...

Baca Selengkapnya

Dengan IKADI Muara Enim, Satu Desa Satu Da’i Dapat Terealisasi
10-07-2021 Liputan Media

  Dengan IKADI Muara Enim, Satu Desa Satu Da’i Dapat Terealisasi   ...

Baca Selengkapnya

Da'i IKADI Pekanbaru Terlindungi Program BPJAMSOSTEK
12-05-2021 Liputan Media

PEKANBARU- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pe ...

Baca Selengkapnya

Wapres Minta Ikadi Samakan Persepsi Dakwah Para Dai
05-04-2021 Liputan Media

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap Ikatan Dai Indonesia (IK ...

Baca Selengkapnya

Dr Ahmad Kusyairi Suhail, Bedah Ilmu Tafsir Alquran
21-03-2021 Liputan Media

  Dr Ahmad Kusyairi Suhail menjelaskan tafsir Alquran sebagai salah satu kunci ...

Baca Selengkapnya

Mengenal Kitab Rujukan Ulama Timteng Karya Dai Indonesia
16-03-2021 Liputan Media

  Kitab karya Ustadz Ahmad Kusyairi Suhail ini membahas tentang ilmu Alquran da ...

Baca Selengkapnya