Bertemu Ormas Islam di Manokwari, Wapres Ingatkan Pentingnya Kerukunan Menjaga NKRI

Dibuat Tanggal 16-10-2021

KABARPAPUA.CO, Manokwari – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersilaturahmi dengan Pimpinan Organisasi Massa (Ormas) Islam dan tokoh agama dalam kunjungan kerja di Manokwari, Papua Barat, Jumat 15 Oktober 2021. 

Dalam pertemuan itu, Wapres menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan antarumat beragama serta kerukunan masyarakat dengan pemerintah. Sebab, kedua hal tersebut merupakan unsur utama terciptanya kerukunan nasional. 

“Kita ingin menjaga republik ini, NKRI ini, dengan tetap menjaga kerukunan antaragama, antarumat dengan pemerintah karena kerukunan agama, kerukunan rakyat merupakan unsur utama dalam kerukunan nasional, dan kerukunan nasional merupakan prasayat daripada kesuksesan yang kita inginkan,”  kata Ma’ruf di Kantor MUI Provinsi Papua Barat, Manokwari. 

Ma’ruf Amin juga menyampaikan salah satu cara yang harus diimplementasikan dalam mewujudkan cita-cita tersebut adalah dengan menyampaikan ajaran agama atau menyampaikan pesan dari dan kepada masyarakat dengan cara yang santun. 

Karena, menurut Ma’ruf Amin, santun merupakan ajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) dan dengan kesantunan tersebut maka narasi kerukunan dapat terbentuk dengan baik. 

“Oleh karena itu, saya minta di dalam menjalankan dakwah kita, supaya tetap menggunakan cara-cara yang baik dengan kalimat yang santun,” imbau Ma’ruf Amin.

Dalam pertemuan itu, Ma’ruf Amin juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan beserta jajaran yang telah menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan terciptanya kerukunan antarumat beragama serta  antarmasyarakat dengan pemerintah. 

Komitmen tersebut, kata Ma’ruf Amin, terlihat dari beberapa pembangunan masjid dan lembaga pendidikan. “Saya ingin menyampaikan penghargaan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pak Gubernur (Dominggus Mandacan).  Gubernur Papua Barat telah memberikan bagaimana beliau menjaga hubungan antara umat Islam, Kristen dan agama-agama yang lain,” ucapnya. 

Sebelumnya, Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nausrau melaporkan bahwa komitmen yang diberikan oleh jajaran Pemerintah Provinsi Papua Barat terhadap kerukunan antarumat beragama sangat dirasakan dan memberikan dampak yang baik dalam kehidupan sosial masyarakat sehari-hari. 

“Pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan atensi dan perhatian yang luar biasa kepada seluruh agama yang ada, termasuk kepada ormas-ormas Islam, kepada semua lembaga agama yang ada di Papua Barat. Semua diberikan secara merata dan berkeadilan,” kata Ahmad.

Sekadar diketahui, pertemuan bersama Wapres Ma’ruf Amin dihadiri Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, Bupati Manokwari Hermus Indow, Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nausrau, Ketua MUI Manokwari Baharuddin Sabola, Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatullah Papua Barat Hasdar Ambal, Ketua Muhammadiyah Papua Barat Mulyadi , Ketua Nahdlatul Ulama Papua Barat Mukhsin Rahakbauw, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Papua Barat Mugiyono, Ketua Persaudaraan Muslimah (Salimah) Papua Barat Noor Aini, Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Papua Barat Bambang T.J. Hariadi, juga Ketua Baznas Papua Barat Gunawan. Ketua Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Papua Barat Dudi Ramdani, Ketua Aisyiah Papua Barat Suryati, Ketua Muslimat Papua Barat Zaenab Uswanas, serta sejumlah Tokoh Agama Islam Papua Barat.

Turut mendampingi Wapres pada kesempatan ini Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

 

Sumber: kabarpapua.co

 

 

 

 

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Ormas Islam Sarankan Pemerintah Aktif Bangun Dialog Hadapi Covid-19
15-08-2021 Nusantara

Jakarta (ANTARA) - Para pimpinan ormas Islam berharap agar pemerintah aktif membangun ...

Baca Selengkapnya

9 Butir Deklarasi Bangka Belitung
04-03-2020 Nusantara

Pangkalpinang – Kongres Umat Islam Indonesia atau KUII VII menghasilkan tujuh r ...

Baca Selengkapnya

Bukan Waktunya Lagi Pertentangkan Agama dan Pancasila
04-03-2020 Nusantara

JAKARTA — Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI), ...

Baca Selengkapnya

Respons Dinamika Umat, Komisi Dakwah MUI Terapkan Standardisasi Dai
27-11-2019 Nusantara

JAKARTA— Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia Pusat ...

Baca Selengkapnya

Berita Duka: Telah Wafat Pimpinan Majelis Az Zikra , K.H. M. Arifin Ilham
23-05-2019 Berita

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi rooji'uun.. Segenap Pengurus dan Keluarga Besar Ikatan ...

Baca Selengkapnya

Kemenag Buka Beasiswa Program Magister Lanjut ke Doktor
30-11-2018 Nusantara

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Agama akan membuka beasiswa Program Magister Lanjut ...

Baca Selengkapnya