Amalan Bulan Rajab

Dibuat Tanggal 24-02-2021

Amalan Bulan Rajab

Rajab sebagai salah satu bulan Haram (suci) dalam Islam sangat dianjurkan untuk meningkatkan amal ketaatan. Karena setiap amalan di bulan ini akan dilipatgandakan sebagaimana berbuat maksiat juga akan lebih besar dosanya. Ibnu Hajar dalam kitabnya, Latha’iful Ma’arif  menukil perkataan Ibnu Abbas ra, “Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan shalih yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.”

Di antara amalan Rajab tersebut, pertama segera bertobat dan jangan ditunda-tunda lagi. Imam Dailamiy meriwayatkan bahwa Rajab juga disebut sebagai Syahrullah (bulannya Allah), sehingga para Ulama kemudian menyarankan untuk segera bertobat dengan memperbanyak istighfar di bulan ini. Karena untuk urusan tobat, perintahnya adalah disegerakan. Allah SWT mengingatkannya dalam QS. Ali Imran : 133, “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” Bahkan di ayat lain, diperintahkan untuk berlomba dalam bertobat. “Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu…(QS. Al Hadid : 21).

Maka jangan sampai telat bertobat dan jangan tunggu saat sekarat baru mau taat. Karena Allah hanya akan menerima tobat hambaNYA sebelum sekarat. Abdullah bin Umar bin Khaththab ra berkata bahwa Nabi SAW bersabda, Allah yang Maha Mulia dan Maha Agung menerima taubat hambaNYA selama belum sekarat.” (HR. At Tirmidzi).

Kedua, segera tinggalkan maksiat sekarang juga. Ketika sudah bertobat, jangan lagi maksiat. karena salah satu syarat diterimanya tobat adalah berhenti maksiat. Apalagi di bulan Haram ini segala bentuk maksiat jika dikerjakan akan dilipatgandakan dosanya. Dan ternyata maksiat membuat kita tak mampu lagi ibadah. Padahal untuk ibadah inilah kita diciptakan. Imam Sufyan Ats Tsauri pernah menuturkan, “Saya pernah tidak bisa menjalankan shalat tahajjud selama lima bulan. Hanya karena satu dosa yang dulu aku lakukan.” (Kitab Ihya’-u ‘Uluumid Diin). Imam Hasan Al Bashri juga pernah ditanya seorang lelaki sehat dan bahkan telah menyiapkan segala sesuatunya untuk melakukan shalat malam, namun lelaki tersebut tidak mampu bangun. Apa sebab? “Dosa-dosamu mengikatmu” kata sang Imam.

Ketiga, perbanyak puasa sunnah. Para Salafushshalih memberikan teladan untuk berpuasa sunnah di bulan Rajab sebagai bagian dari bulan Haram. Imam Sufyan Ats Tsauri misalnya, beliau sangat gemar memperbanyak puasa sunnah di bulan Rajab. Beliau mengatakan, “Pada bulan-bulan haram, aku sangat senang berpuasa di dalamnya.” Syaikh Imam Taqiyudin Abu Bakar bin Muhammad al Husaini ad Dimasyqi asy Syafi'i juga menuliskan dalam kitabnya, Kifayatul Akhyar, “Bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah Ramadan adalah bulan- bulan haram yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Rajab dan  Muharram.” Puasa sunnah yang dimaksud bisa puasa sunnah Senin Kamis, puasa sunnah Daud atau pun Ayyamul Bidh. Rajin puasa sunnah di bulan Rajab juga bisa dijadikan sebagai latihan dan persiapan memasuki Ramadhan.

Keempat, perbanyak doa keberkahan Rajab. Salah satu doa populer yang bisa diamalkan adalah riwayat Anas, terdapat juga dalam kitab Al Adzkar karya Imam Nawawi, “Allahumma baariklanaa fii rojaba wa sya’bana waballighnaa romadhoona (Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan)”. (HR. Al-Baihaqi dalam Fadha’il Al-Auqat). Allahua’lam bishshawab.

 

Alexander Zulkarnaen

Guru PAI SMAN 2 Medan

Ketua Deputi Humas IKADI SUMUT

Wakil Ketua Majelis Dakwah PW Al Washliyah SUMUT

share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Rajab, Perbanyak Istighfar
25-02-2021 Tafakkur

Rajab, Perbanyak Istighfar Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Anas bin Malik ra, &l ...

Baca Selengkapnya

Dakwah Wasathiyah
10-02-2021 Tafakkur

Dakwah Wasathiyah Oleh Alexander Zulkarnaen*   Salah satu rahasia agar dakwah d ...

Baca Selengkapnya

Nasihat Jibril
02-02-2021 Tafakkur

Nasihat Jibril Nabi kita Muhammad SAW sebagai penghulunya para Nabi pernah mendapat na ...

Baca Selengkapnya

HUKUM TAKBIRAN DI SEPULUH HARI PERTAMA DZULHIJJAH
29-07-2020 Tafakkur

  HUKUM TAKBIRAN DI SEPULUH HARI PERTAMA DZULHIJJAH   Oleh: Dr. Ahmad Kusy ...

Baca Selengkapnya

Keutamaan Bulan Dzulqa'dah Perspektif Al-Qur'an
14-07-2020 Tafakkur

Keutamaan Bulan Dzulqa'dah Perspektif Al-Qur'an Dr. Atabik Luthfi, MA   Bulan D ...

Baca Selengkapnya

Dapatkah Menggapai Lailatul Qadar Tanpa I'tikaf di Masjid?
13-05-2020 Tafakkur

DAPATKAH MENGGAPAI LAILATUL QADAR TANPA I'TIKAF DI MASJID?   Oleh: Dr. Ahmad Kus ...

Baca Selengkapnya