Keppres Tetapkan Bambang Sudibyo sebagai Ketua BAZNAS Periode 2015 – 2020

Dibuat Tanggal 05-09-2015
JAKARTA - Pemerintah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 88/P Tahun 2015 tanggal 28 Agustus 2015 tentang Pengangkatan Ketua dan Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional, menetapkan Bambang Sudibyo sebagai Ketua BAZNAS dan Zainulbahar Noor sebagai Wakil Ketua BAZNAS.
 
“Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS Periode 2015-2020 dipilih melalui rapat anggota BAZNAS tanggal 10 Agustus 2015. Sesuai mekanisme dan prosedurnya, hasil pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS diusulkan pengangkatannnya oleh Menteri Agama kepada Presiden. Hari Rabu (2/9) saya terima salinan dan petikan Kepres dari Kepala Biro Administrasi Pejabat Negara di Gedung Sekretariat Negara RI. Kepres Pengangkatan Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS saya serahkan langsung atas nama pimpinan Kementerian Agama kepada Pak Bambang Sudibyo dan Pak Zainulbahar Noor masing-masing selaku Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS, disaksikan oleh anggota BAZNAS lainnya di dalam rapat anggota BAZNAS pada hari yang sama.” Demikian disampaikan oleh M. Fuad Nasar kepada persbimas-islam.
 
Fuad Nasar, Wakil Sekretaris BAZNAS periode 2008-2015 yang kini menjalankan peran sebagai penghubung kelembagaan itu, menjelaskan lebih lanjut bahwa Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS tidak dilantik dan tidak perlu mengucapkan sumpah jabatan. Sebagai anggota BAZNAS mereka telah mengucapkan sumpah pengukuhan di hadapan Menteri Agama pada tanggal 19 Agustus 2015.
 
Ketua BAZNAS Prof. Dr. Bambang Sudibyo adalah Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM), sebelumnya pernah menjabat Menteri Keuangan RI (1999-2000) dan Menteri Pendidikan Nasional (2004-2009). Bambang Sudibyo sejak 2005 sampai sekarang aktif sebagai pengurus pusat Muhammadiyah membidangi ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.
 
Wakil Ketua BAZNAS Zainulbahar Noor dikenal sebagai praktisi perbankan. Ia adalah Direktur Utama PT. Bank Muamalat periode pertama tahun 1991 sampai 1996, Komisaris PT. Bank Muamalat (1999-2007). Bank Muamalat Indonesia yang dulu dipimpin Zainulbahar merupakan bank syariah pertama di Indonesia yang lahir atas prakarsa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mendapat dukungan dari Presiden Soeharto pada waktu itu. Zainulbahar pernah menjabat Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Kerajaan Yordania Merangkap Otoritas Nasional Palestina (2007-2013). Sejak 2013 ia diangkat sebagai Ketua Badan Pengawas Universitas Al-Azhar Indonesia-Jakarta.
 
Fuad Nasar menambahkan, “BAZNAS merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggungjawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. Ketua dan Wakil Ketua BAZNAS tidak berstatus sebagai pejabat negara menurut peraturan perundang-undangan. Namun Ketua, Wakil Ketua dan anggota BAZNAS memperolah hak keuangan yang diatur lebih lanjut dengan Peraturan Presiden. “ ujarnya. (dj/baznas)
share Share
Facebook Google LinkedIn Twitter Email Print
Artikel Terkait
Kementerian Agama Gelar Anugerah Masjid Percontohan 2016
15-12-2016 Nusantara

JAKARTA -  Kementerian Agama menggelar penganugerahan Masjid Percontohan 2016. ...

Baca Selengkapnya

Pemerintah Siapkan Perpres Pembangunan Universitas Islam Internasional
09-06-2016 Nusantara

JAKARTA - Pemerintah sedang mempersiapkan Peraturan Presiden (Perpres) sebagai landa ...

Baca Selengkapnya

Sambut Ramadhan, Pemkot Padang Sampaikan Imbauan Shalat Tepat Waktu
16-05-2016 Nusantara

PADANG - Menyambut Ramadhan, Pemerintah Kota Padang menyampaikan imbauan shalat tepa ...

Baca Selengkapnya

Istiqlal Diharapkan Jadi Pemersatu Umat Islam
22-02-2016 Nusantara

JAKARTA - Masjid Istiqlal dinilai memiliki potensi yang besar sebagai pemersatu umat ...

Baca Selengkapnya

Paradigma “Wasathiyah” Harus Bisa Menjadi Ruh Setiap Gerakan MUI
11-11-2015 Nusantara

JAKARTA – Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat KH Ma’ruf Amin menegaskan, ...

Baca Selengkapnya

Menag: Sudah Waktunya Indonesia Miliki Perguruan Tinggi Berskala Dunia
03-11-2015 Nusantara

JAKARTA - Indonesia merupakan bangsa yang begitu besar dan dikenal sebagai bangsa de ...

Baca Selengkapnya